Monday, November 28, 2016

0818597166 SALVADOR DALI PELUKIS SURIALISME

SALVADOR DALI PELUKIS SURIALISME

Salvador Domingo Felipe Jacinto Dali i Domenech lahir tanggal 11 may 1904 di sebuah apartement jalan Manturio 24 Figueres, spanyol. Ayahnya Salvador Dali i Cusi seorang pengacara sekaligus notaris untuk masyarakat menengah. Dali kecil dididik sangat disiplin oleh kedua orang tuanya. Dan sang Ibu Felipa Domenech Ferres yang senantiasa mensuport Dali untuk menjadi seorang yang memiliki jiwa seni. Dali kecil merasa bahwa dirinya adalah reinkarnasi kakaknya yang sudah meninggal tahun 1903 sebelum ia lahir. seperti yang dituangkan dlm lukisannya My Dead Brother (1963).
Sedari kecil Dali sudah menunjukkan bakat menggambarnya yang luar biasa
dan senantiasa tampil dengan gaya lukisannya yang modern art. Dali pertama kali memamerkan lukisannya pada tahun 1919 pada sebuah acara pameran di Muni cipal Theatre di Figueres.
Pada tahun 1921 sang ibu yang selama ini menjadi penyemangatnya meninggal dunial disebabkan penyakit kanker payudara. Tak lama setelah itu ayahnya menikah kembali dengan saudara permpuan ibunya.
Dan setahun kemudian tepatnya 1922 Dali pindah ke asrama untuk para siswa yang bersekolah di Real Academia de Bellas Artes de San Fernando di Madrid.
Sebelum kelulusan tahun 1926 Dali telah keluar dari sana karena kesibukannya dibidang seni lukis dan tujuannya adalah Paris dimana ia memulai debutnya bersama pelukis seangkatannya Pablo Picasso. dan ditahun yang sama Dali membuat karya masterpisnya The Basket of Bread.
Dan dibulan Agustus 1929 pula Dali bertemu dan menikah dengan istrinya Gala yang bernama asli, Elena Ivanovna Diakonova gadis imigran dari rusia.
Banyak karya dan kenangan panjang yang dilaluinya bersama Gala baik di Amerika, dan Barcelona serta paris, hingga ahirnya mereka kembali ketempat kelahiran Dali sampai ahir hayatnya. Dali meninggal di Figueres, Spanyol pada tanggal 23 Januari 1989 dalam usia 84 tahun.

Dibawah ini kita dapat melihat sebagian kecil dari karya2 besar sang Maestro.





Salvador Dali







































































DQ Art Gallery menerima pesanan art painting :
Semua aliran lukisan

Email : danieldq2016@gmail.com

SMS/WA :0818597166


No comments:

Post a Comment