Thursday, November 3, 2016

0818597166 KOEMPOEL SUJATNO PELUKIS IMPRESSIONIS DARI SURABAYA 1


KOEMPOEL SUJATNO PELUKIS IMPRESSIONIS DARI KOTA SURABAYA.

Koempoel (Sujatno) 1912 – 1987




Koempoel Sujatno lahir di Desa Paron, Ngawi, Jawa Timur, 1912. Keluarganya adalah pejabat jawatan kereta api Hindia Belanda, sehingga memungkinkannya mendaftar pada sekolah Belanda, Hollandasch Inlandsche School (HIS), di Genteng Kali, Surabaya.
Bakat Koempoel menarik perhatian kepala sekolah, Van Staal, yang lantas memperkenalkannya kepada Gerard Pieter Adolfs, salah satu pelukis pengikut gaya naturalis Mooi Indie (Hindia Belanda Molek).
Selama 1928-1932 Adolfs mengajarkan teknik representasi realis yang merupakan kunci suksesnya di Ketika orangtuanya dipindahtugaskan ke Malang, Koempoel bertemu dengan pelukis realis Willem van der Does. Suatu hari Does melihat talenta spesial pelukis muda itu dan bersedia menjadi guru selama tujuh tahun. Pada 1935, seorang dokter ahli kandungan, dr. Soerodjo, terpesona, yang lalu mensponsori pameran tunggal pertama di Jalan Talun, Malang.
Setelah Proklamasi 1945, Belanda melakukan Agresi Militer I pada Juli 1947. Koempoel tergerak dan banyak membuat pamflet perjuangan, di antaranya berseru: Darahkoe Merah Tak Soedi Didjadjah! Poster bergambar lelaki kekar membawa pedang berbendera Merah Putih itu ditempel di segala sisi kota Malang serta di Surabaya. Sejak itu Koempoel mulai melukis tentang Surabaya.
Antara 1950-1970-an Koempoel tetap produktif melukis. Perjalanan Koempoel selama tiga zaman menemukan akhir pada 18 Agustus 1987 karena kanker tenggorokan. Ia pergi meninggalkan istri tanpa dikaruniai anak. Di rumahnya di Kaliputih, Batu, Jawa Timur, ia hanya meninggalkan sebuah lukisan terakhir berobyek jembatan Merah.


Berikut dibawah ini kita dapat melihat foto dari lukisan Koempoel Sujatno yang disusun secara berseri, kerena beliau melukis berulang ulang dengan objek yang sama.



  • PELABUHAN KALIMAS DAN UJUNG SURABAYA


























































DQ Art Gallery menerima pesanan art painting :

Semua aliran lukisan

Email : danieldq2016@gmail.com

WA/SMS : 0818597166

No comments:

Post a Comment