Friday, February 17, 2017

0818597166 TJALF SPARNAAY PELUKIS MEGAREALISTIK BELANDA

TJALF SPARNAAY PELUKIS MEGAREALISTIK BELANDA

Tjalf Sparnaay lahir tahun 1954 di Haarlem, Belanda. Ia adalah seorang seniman yang menekuni bidang fotografer, ilustrator dan juga seorang pelukis.
Masa kecilnya dihabiskan di Rotterdam karena tahun 1959 keluarganya pindah kesana. Sparnaay dididik untuk menjadi seorang guru olah raga dan juga seorang pelukis selftaght serta fotografer amatir sekitar tahun 1980-an. Kadang ia juga membuat kartu pos bergambar untuk mendapatkan uang.

Lukisan Sparnaay sebenarnya cukup sederhana hanya dengan mengambil contoh-contoh benda dalam keseharian misalnya dengan melukis makanan untuk sarapan, atau kaleng coca-cola yang ringsek, atau telur dadar, salad dan banyak lagi objek lukisannya yang ia dapatkan dari dapur dan dalam rumahnya.
Atau melukis ulang karya2 pelukis ternama seperti lukisan Johannes Vermeer namun dalam sebuah kemasan plastik transparan.

Lukisannya merujuk kepada tradisi Belanda abad 17, menghidupkannya kembali namun dengan lukisan skala yang lebih besar dengan menggunakan teknik fotorealistik yang lebih terlihat modern. Lukisan terbesarnya berjudul "FoodScape dengan ukuran 120 x300 cm yang mengambarkan setumpuk hamburger yang sangat mengundang selera.

Gaya lukisan Sparnaay disebut "Megarealis"atau juga bisa Hyperrealism karena melukis objek-objek yang kecil dan menuangkannya dalam kanvas dengan ukuran yang besar untuk mendapatkan detail rincian sampai sekecil-kecilnya. Ia berharap agar orang dapat melihat lukisannya untuk mendapatkan kembali objek realitanya dan menemukan esensi dari hal yang telah menjadi begitu biasa. Ia menyebutkan dengan sebutan "memberikan sentuhan hati".

Sparnaay rutin memamerkan lukisannya digalery-galery ternama seperti di Bernarducci Galery Meisel- New York, PlusOne Galery- London, Mark Peet Visser Galery - Belanda dan Smelik and Stokking - Den Haag. Dan rata-rata harga lukisannya berkisar antara 17.000 - 120.000 Euro.

Dibawah ini kita dapat melihat karya-karya megarealis dari Tjalf Sparnaay.
































































DQ Art Gallery menerima pesanan art painting :
Semua aliran lukisan

Email : danieldq2016@gmail.com


SMS/WA :0818597166




bit.ly/2painting

No comments:

Post a Comment