Thursday, February 9, 2017

0818597166 SENIMAN POP ART AMERIKA, ANDY WARHOL

ANDY WARHOL PELUKIS POP ART AMERIKA

Andy Warhol adalah seorang seniman Amerika yang adalah seorang tokoh terkemuka dalam gerakan seni visual yang dikenal sebagai pop seni. 
Karya-karyanya mengeksplorasi hubungan antara ekspresi artistik selebriti, budaya dan iklan yang berkembanag tahun 1960-an.

Andy Warhol lahir tanggal 6 Agustus 1928 di Pittsburgh, Pennylvania, USA, keluarga imigran yang ayahnya bekerja sebagai pekerja konstruksi, mereka penganut katolik. Sedari kecil Andy sudah aktif sebagai penari dan dikontrak oleh St. Vitus, namun sayang karena sakit yang dideritanya Andy tidak dapat tampil sehingga ia harus beristirahat ditempat tidur. Namun oleh ibunya dia diajar menggambar dan ahirnya menjadi hobby yang sangat disukainya.

Selain melukis, Andy juga penggemar foto dan film dan ketika ibunya membelikan dia kamera pada usia 9 tahun dan Andy mulai aktif dengan membuat foto serta membuat studio cetak film diruanagan bawah tanah rumah mereka. Tahun 1949 ia lulus dari perguruan tinggi dengan gelar Bachelor of Fine Arts, Warhol pindah ke New York City untuk mengejar karier sebagai seorang seniman komersial. Ia mendapat pekerjaan di sebuah majalah paling glamour.

Ditahun 1950-an Andy Warhol sudah menjadi seniman komersial paling sukses. Ia kerap kali memenangkan penghargaan untuk gaya unik dan aneh. Diahir tahun 1950-an Warhol mulai mencurahkan lebih banyak perhatian untuk lukisan dan di tahun 1961 ia memulai debutnya dengan konsep Pop Art untuk barang- barang komersialyang diproduksi secara massal. Dan setahun kemudia ia memasarkan karya- karya Pop Artnya.

Di tahun 1964 Warhol membuka studio seni sendiri yang dicat perak, dari sebuah gedung bekas pabrik dengan cepat menjadi salah satu hotspot budaya utama New York City. Yang pembuakaannya dihadiri oleh orang2 terkaya dan para sosialita dan selebriti  termasuk musisi Lou Reed. 
Pada tahun 1970, Warhol terus mengeksplorasi media lainnya, ia menerbitkan buku2 sebagai filsafat Andy Warhol serta film2 yang dipruduksinya sendiri.

Andy Warhol meninggal pada tanggal 22 febuari 1987 pada usia 58 tahun, kehidupan pribadinya telah menjadi subyek banyak perdebatan dan pertimbangan. Dan karya seninya sering dikaitkan dengan citra homoerotic, namun ia mengkalaim bahwa ia tetap perjaka walau ia membujang sampai ahir hayatnya.


Dibawah ini kita dapat melihat karya2 Andy Warhol seorang pakar pop art dunia.
















































































DQ Art Gallery menerima pesanan art painting :
Semua aliran lukisan

Email : danieldq2016@gmail.com


SMS/WA :0818597166



bit.ly/2painting




1 comment: