Wednesday, March 22, 2017

0818597166 WILLEM DE KOONING PELUKIS ABSTRAK AMERIKA

WILLEM DE KOONING PELUKIS ABSTRAK AMERIKA
Willem de Kooning lahir pada tanggal 24 April 1904, dalam sebuah keluarga kelas pekerja di Rotterdam, Belanda. Sedari kecil de Kooning sudah menunjukkan minat yang besar dalam bidang seni, pada usia 12 tahun ia sudah magang disebuah perusahaan desain terkemuka. Dan ikut sekolah malam yang bergengsi di Rotterdam Academy of fine Arts yang pada tahun 1998 namanya diubah menjadi Academy Willem de Kooning sebagai penghormatan bagi de Kooning.
Pada tahun 1926, dengan bantuan seorang temannya yang menyembunyikannya dalam sebuah kapal menuju New York, Amerika Serikat. Setelah beberapa lama bekerja pada sebuah rumah seni, ia mengundurkan diri dan memulai kehidupan baru dengan menjadi seniman komersial dan mulai berbaur dengan seniman kota New York seperti Stuart Davis dan Arshile Gorky.
Selama masa depresi besar melanda ditahun 1936 de Kooning bekerja di Divisi mural proyek Administratif (WPA) dengan bekerja penuh waktu hingga awal tahun 1950an. Teman-teman seniman seangkatannya di New York yaitu, Jackson Pollock, Franz Kline, Robert Motherwell, Adolph Gottileb, Mark Rothko, Barnett Newman, Reinhardt yang mana kelompok ini menjadi terkenal karena menolak norma-norma yang sedang bergairah waktu itu, aliran surialisme dan Kubisme.
Pada tahun 1963, de Kooning pindah dari New York City ke Springs, di East Hampton, Long Island. Memanipulasi ruang seperti seorang pematung, dia merancang dan membangun studio yang luas dan tinggi, beratap kupu-kupu, penuh cahaya dan rumah di lingkungan yang tenang, serta berhutan yang mana lingkungan tersebut mengingatkannya pada negeri asalnya, Belanda.
Dan pada era tahun 1970an karya de Kooning diwarnai dengan litograf yang mendapat pengaruh tulisan kanji jepang, dengan tinta gambar dan kaligrafi yang terdapat dalam beberapa karyanya. Dan diera ini pula terjadi eksplorasi dan terobosan baru serta priode produktif dimana ia senantiasa bergairah menyelasaikan karya-karyanya dengan cat yang tebal sehingga mendapat efek lukisan abstrak yang paling sensual.
Tahun- tahun sepanjang 1980-an, de Kooning mengeksplorasi bentuk-bentuk baru bergambar ruang seperti yang diungkapkan dengan petikan-petikan bagai pita halus atau beberapa dengan cantilevers dimana garis lurus mungkin mengambang atau tiba-tiba berhenti dan mengimbangi area terbuka yang luas.
De Kooning telah mencapai puncak tertinggi pada karier berkeseniannya pada usia lanjut dan demensia sangat mempengaruhi kinerjanya. Lukisan terahirnya dikerjakan pada tahun 1991 dan ia meninggal dunia pada 19 Maret 1997 pada usia 92 tahun.
Dibawah ini dapat kita saksikan karya-karya de Kooning yang semasa hidupnya banyak mendapat penghargaan termasuk The Presidental Medal of Freedom tahun 1964. Dan telah memamerkan Karya-karyanya dalam ribuan pameran dan banyak pula karyanya dikoleksi oleh museum-museum diseluruh Eropa dan Amerika serta Australia.




























DQ Art Gallery menerima pesanan art painting :
Semua aliran lukisan

Email : danieldq2016@gmail.com


SMS/WA :0818597166




bit.ly/2painting






No comments:

Post a Comment