Wednesday, March 22, 2017

0818597166 RENE MAGRITTE SENIMAN SUREALIS BELGIA

RENE MAGRITTE SENIMAN SUREALIS BELGIA
Rene Francois Ghislain Magritte lahir pada 21 November 1898, di Lessines, Belgia. Anak tertua dari tiga bersaudara yang semuanya laki-laki. Bisnis munufaktur ayahnya yang sukses membuat hidup mereka makmur, namun semua tidak bertahan lama, usaha ayahnya mengalami kemunduran dan perlahan terpuruk dan yang lebih tragis ketika ibunya bunuh diri pada tahun 1912 dengan menenggelamkan dirinya disungai. Hal itu membuat Magritte sangat terpukul dan mengalami trouma yang dalam.
Magritte menemukan hiburan dalam menonton film, baca novel dan terutama juga melalui lukisan. Karya-karya awalnya yang paling banyak yaitu dalam gaya impresionis. Namun, di tahun 1916 ia meninggalkan rumah dan pergi ke Brussel, untuk kuliah di Académie Royale des Beaux-Arts. Dalam pendidikan itu kerap kali muncul gaya seperti Kubisme dan Futurisme, yang secara signifikan mengubah arah karyanya. Memang, banyak lukisan Magritte's dari tahun 1920 meniru gaya Pablo Picasso.
Pada tahun 1921 Magritte mulai masuk dalam satu tahun wajib militer, setelah selesai ia pulang kerumahnya dan menikah dengan Georgette Berger, dan kemudian berkerja pada sebuah pabrik wallpaper, namun tak lama ia mendapat pekerjaan baru sebagai freelance poster dan desain iklan, sementara itu ia terus melukis. Magritte terkesan dengan lukisan The Song of Love oleh pelukis Surealisme Italy Giorgio de Chirico yang kemudian mengilhami dirinya untuk terjun dalam aliran surealisme.
Dengan cepat nama Magritta menjadi sangat terkenal sebagai pelukis surialisme dengan karya-karyanya yang menempatkan benda-benda yang akrab dalam keseharian, seperti topi, pipa tembakau, dan batu-batuan yang membangkitkan tema misteri tersendiri. Seperti dalam karyanya yang berjudul The Menaced Assassin. Magritte dengan cepat menjadi salah satu seniman paling penting di Belgia. Tetapi ketika ia mengadakan pameran tunggal perdananya — pada tahun 1927 di Galerie le Centaure, penerimaan masyarakat pada waktu itu sangatlah buruk. Magritte putus asa dan meninggalkan kampung halamannya pergi ke Perancis.
Baru ditahun 1930-an popularitas Magritte mulai muncul dengan karya-karya barunya yang dipamerkan selain di Perancis juga kota-kota besar diEropa dan New York-Amerika Serikat.
Dan selama masa perang dunia ke II, dalam suasana hati yang tak menentu dan kacau yang pada era ini menunjukkan ada pergeseran teknik lukisan menjadi lebih cerah dan menggunakan palet. Dan setelah perang selesai, Magritte kembali berpameran di Paris dan terus keliling dunia hingga ahir tahun 1950-an.
Diawal tahun 1960-an Magritte memperkenalkan apel dalam lukisannya yang kemudian menjadi Icon untuk karyanya.
Meskipun telah didiagnosa kanker pankreas sejak tahun 1963, Magritte pada tahun 1965 masih mampu melakukan perjalanan ke New York City untuk retrospektif karyanya di Museum of Modern Art. Magritte juga dieksplorasi media lain selama waktu itu, membuat serangkaian film pendek yang juga menampilkan istrinya, Georgette, bereksperimen dengan patung.
Setelah periode penyakit yang berkepanjangan, pada tanggal 15 Agustus 1967, Rene Magritte meninggal pada usia 68 tahun di Brussel. Karyanya terbukti menjadi pengaruh yang utama pada artis pop seperti Andy Warhol. Sejak pameran tunggal pertamanya hingga meninggalnya sudah tak terhitung jumlah pameran tunggalnya di seluruh dunia, dan pada ahirnya Magritte Museum dibuka di Brussels pada tahun 2009.
Dibawah ini kita saksikan karya-karya dari sang maestro surialisme Rene Magritte.



































DQ Art Gallery menerima pesanan art painting :
Semua aliran lukisan

Email : danieldq2016@gmail.com


SMS/WA :0818597166




bit.ly/2painting




No comments:

Post a Comment