Wednesday, April 19, 2017

0818597166 KRIJONO PELUKIS EKSPRESIONIS SUPER EKSTRIM

KRIJONO PELUKIS EKSPRESIONIS SUPER EKSTRIM

Krijono lahir di Jakarta tanggal 11 Juli 1951, sedari kecil ia sudah mengenal dunia seni. Ayahnya seorang kolektor lukisan yang memiliki Harris Art Galery di Jakarta Selatan. Sedang Ibunya adalah seorang pengusaha yang memiliki pabrik batik. Jadi boleh dibiang darah seni memang sudah mengalir dalam keluarganya.

Pada tahun 1970 Krijono belajar di Akademi Seni Indonesia (ASRI) Yogyakarta. Selesai itu ia melakukuan perjalanan keluar negeri, Jepang, Thayland, Australia, Belgia dan Perancis. Pada saat di Tokyo ia mengadakan sekperimen dengan media termasuk batik, minyak dan akrilik dan bahkan ia menyatukan lukisan tradisional dan lukisan kimono sebagai kombinasi batik.

Setelah berpameran batik di Eropa ia kembali ke Jakarta, dan untuk sementara waktu ia keluar dari dunia seni. Namun pada tahun 1980 ia kembali lagi kedunia seni dengan berpameran tunggal yang menampilakan karya pertamanya bertema perempuan. Krijono sangat berbeda dengan pelukis lainnya, karena ia selalu menggunakan warna-warna cerah bahkan cenderung mencolok. Lukisannya senantasa menggunakan warna tunggal yang juga memiliki tekstur dengan garis-garis tebal dari sapuan kuas yang spotan.

Mengenai penggunaan warna, Krijono merasa mampu memilih warna yang tepat dan menggunakannya untuk memenuhi karya ciptaannya. Dan ekstrimnya lagi, ia menolak mencampur warna untuk mendapatkan warna yang baru. Ia pernah berujar, " Aku seorang pelukis, bukan pencampur cat ".
Karya Ekspressif dan flamboyannya telah dipamerkan keseluruh dunia termasuk Italia dan Paris. terlebih ia juga ikut berpartisipasi dalam solo dan pemeran berkelompok di Indonesia, Singapore, Malaysia dan Jepang.

Ketika Krijono pindah ke Ubud- Bali, dia mengubah gayanya dan semakin kuat dalam ekspresinya serta full colour yang mencerminkan lingkungan dan peradaban Bali. Krijono meninggal dunia pada ahir November 2011 diusia 60 tahun.

Dibawah ini kita saksikan karya-karya ekstrim dan super mencolok dari Krijono sang Maestro Indonesia.





































































































DQ Art Gallery menerima pesanan art painting :
Semua aliran lukisan

Email : danieldq2016@gmail.com


SMS/WA :0818597166




bit.ly/2painting




No comments:

Post a Comment